materi interview kerja blog fortinity

Jawaban Tepat Pertanyaan Interview “Ceritakan Tentang Diri Anda?”

Banyak orang masih belum mengetahui jawaban yang tepat akan pertanyaan, “Ceritakan Tentang Diri Anda?”. Ketika Anda sudah melakukan submit cv atau melamar pekerjaan dan tinggal menunggu untuk melakukan wawancara kerja, banyak yang masih bingung apa saja pertanyaan yang akan ditanyakan dan bagaimana untuk menjawabnya dengan baik dan tepat. Kali ini Penulis akan membagikan beberapa tips untuk membantu Anda menjawab pertanyaan interview mengenai “Ceritakan Tentang Diri Anda?”.

Ketika seorang HRD menanyakan pertanyaan tersebut, mereka sebenarnya tidak benar-benar menanyakan tentang seluruh cerita yang pernah Anda lalui. Mereka tidak menanyakan mengenai keluarga Anda, latar belakang Anda, atau yang lainnya. Jadi, apa yang sebenarnya mereka tanyakan adalah mengenai apa yang Anda bawa saat itu atau yang sebenarnya adalah CV Anda. Jadi, kunci yang pertama adalah apa nilai yang bisa Anda berikan ke perusahaan tersebut, apa yang perusahaan dapatkan ketika merekrut Anda, jadi bukan jawaban yang sebenarnya bukan keseluruhan cerita mengenai kehidupan Anda.

Kunci yang kedua adalah “Not Be Your Self, But Be Your Best Self”. Ya benar, untuk jadi diri sendiri, tetapi jadilah yang terbaik untuk diri sendiri. Jadi, ketika mereka menanyakan sesuatu, apapun yang Anda bagikan, apapun statement yang Anda buat, buatlah jawaban yang berfokus bukan ke diri Anda, tetapi ke apa yang perusahaan dapatkan pada diri Anda. Keuntungan apa yang perusahaan dapatkan apabila merekrut Anda.

Kunci terakhir adalah 3 kata penting, yang pertama Success, buat kalimat diawali dengan kata “Saya telah ….”, atau “Latar belakang saya adalah …”, sebagai contoh, “Saya telah menggunakan social media selama 3 tahun terakhir, dan saya memiliki keahlian dalam membantu perusahaan, dan membuat halaman facebook mereka menjadi lebih dikenal oleh banyak orang, dan di 3 tahun terakhir pun saya telah membantu selusin klien pada lebih dari 10 perusahaan berbeda.” Jadi, intinya adalah Anda membicarakan tentang kesuksesan Anda, tetapi tanpa menyombongkan, seperti Anda lebih kepada menunjukkan keahlian apa yang Anda punya.

Kata yang kedua adalah Strength, buat kalimat diawali dengan “Kekuatan saya adalah …”, sebagai contoh “Kekuatan yang saya miliki adalah kemampuan dalam memahami apa yang klien inginkan, saya bangga akan reputasi saya dalam membuat suatu konten yang menarik, dan dapat mengetahui konten apa yang khalayak umum sukai untuk membantu mengembangkan social media yang klien punya.” Kata yang ketiga adalah Situation, buat kalimat diawali dengan kata “Apa yang saya cari adalah …”, sebagai contoh “Apa yang saya cari adalah peruhaan dimana saya dapat menambahkan nilai positif yang saya punya ke dalam perusahaan Anda, dimana saya bisa bergabung ke dalam suatu tim yang kuat. Bukankah ini yang perusahaan Anda cari sekarang?” Anda lihat? Pada akhir kalimat kita menanyakan suatu pertanyaan, jadi siapapun yang menanyakan suatu pertanyaan, maka Anda akan dapat menguasai atau mengontrol percakapan yang sedang berlangsung. Jadi, bukan karena Anda berada pada posisi melamar pekerjaan, Anda tidak dapat bertanya ataupun mengontrol percakapan yang sedang berlangsung.

Setelah semua tips yang sudah diberikan di atas, yang terpenting adalah Anda menulis semua jawaban tersebut ke dalam secarik kertas, kemudian mempraktekkannya secara berulang kali, jadi ketika Anda sudah berada di depan HRD, Anda sudah siap dan Anda akan bersikap secara natural seperti Anda hanya berbincang kepada teman Anda sendiri, tidak ada gugup pada diri Anda. Penulis ucapkan terima kasih karena bersedia untuk mampir dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, kalau ada kritik dan saran mengenai artikel ini ataupun blog ini silahkan memberi komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya seperti, Jawaban Tepat Pertanyaan Interview “Apa Kelemahan yang Anda Miliki?”.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *