materi interview kerja blog fortinity

Jawaban Tepat Pertanyaan Interview “Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Terakhir Anda?”

Pada artikel sebelumnya, penulis telah membagikan tips untuj menjawab pertanyaan “Apa Kelemahan yang Anda Miliki?”. Untuk sekarang penulis akan membagikan kembali tips untuk menjawab dari pertanyaan “Mengapa Anda Meninggalkan Pekerjaan Terakhir Anda?”. Yang dimana penulis sendiri akan menjawib kalau waktu Anda interview pasti akan muncul pertanyaan tersebut.

Skenario pertama, kalau Anda pada posisi Anda meninggalkan pekerjaan terakhir, bukan karena dipecat atau apapun, tetapi karena itu keinginan Anda. Jawaban yang tidak boleh anda ucapkan adalah mengenai perusahaan Anda terdahulu, atau bos Anda terdahulu. Dan juga jangan pernah menjawab seputar alasan personal Anda, seperti gaji tidak cukup, atau yang lainnya. Tetapi, jawablah seperti contoh ini, “Emm, Saya menikmati 3 tahun pekerjaan saya di perusahaan A, dan kami benar-benar membuat perusahaan A dari yang biasa menjadi luar biasa. Dan selama waktu itu, Saya telah belajar banyak dan Saya bertemu dengan orang-orang yang luar biasa. Tetapi, ya Anda tahu, kalau saat ini, Saya merasa seperti Saya siap untuk mendapatkan lebih dan Saya merasa dapat melakukan lebih. Dan Saya mencari posisi pekerjaan baru di perusahaan Anda, untuk mendapatkan lebih banyak tantangan untuk bisa berkembang.”

Skenario kedua, bagaimana kalau Anda kehilangan pekerjaan Anda bukan karena keinginan Anda sendiri, tetapi terkena PHK. Sebagai contoh, misalkan Anda bekerja pada perusahaan game. Maka jawabannya akan seperti ini, “Saya telah bekerja pada perusahaan game selama 5 tahun, dan pada 2 tahun terakhir, kami melakukan investasi dengan nominal yang tidak sedikit, dan semua itu tidak ada yang berujung dengan baik.” Kemudian, Anda dapat menambahkan jawaban mengenai hubungan antara pekerjaan yang Anda lamar dengan keahlian yang Anda miliki seperti apa.

Skenario ketiga, bagaimana kalau Anda kehilangan pekerjaan Anda bukan karena keinginan Anda sendiri ataupun terkena PHK, tetapi karena Anda dipecat oleh perusahaan lama Anda. Maka, jawaban yang tepat adalah apa saja hal yang harus Anda tingkatkan pada diri Anda sendiri, karena Anda tidak ingin kejadian yang sama terulang kembali pada pekerjaan Anda selanjutnya. Jadi, Anda akan berbicara, berakting, seperti layaknya seorang profesional. Jangan terlalu emosional, cukup Anda ceritakan kejadian yang sebenarnya saat ini, mengapa Anda berada di depan HRD saat ini?, apa yang Anda cari?, dan jangan pernah membicarakan hal buruk tentang orang lain ataupun menjatuhkannya, cukup bersikap netral. Dan yang paling terpenting adalah beri jawaban sesingkat mungkin tetapi jelas, jangan terlalu bertele-tele.

Penulis ucapkan terima kasih karena bersedia untuk mampir dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, kalau ada kritik dan saran mengenai artikel ini ataupun blog ini silahkan memberi komentar di bawah. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami lainnya, seperti mengenai “Ceritakan Tentang Diri Anda?”.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *